Meneladani Perjuangan Owner PT.NCS Ibu Reni Siregar

December 01 2016
ibu

ibuSiapa bilang wanita tidak bisa membawahi banyak laki-laki di bidang yang sebenarnya menjadi tugas laki-laki? Dialah Reni Siregar, Ibu dengan anak 1 yang berhasil membesarkan jasa ekspedisinya menjadi perusahaan terdepan dalam bidang logistik di negeri ini.

Banyak yang bisa dipelajari dari kisah sukses siapapun, apalagi ia adalah seorang wanita. Tak menutup kemungkinan kita pun dapat meraih sukses di bidang yang kita geluti. Apa saja yang bisa dipelajari dari Ibu Reni Siregar?

  1. Berawal dari 4, kini memiliki 3.000 lebih karyawan

Hal paling sulit dalam berkompetisi meraih impian adalah bukan mengalahkan orang lain, tapi mengalahkan diri sendiri. Dan Ibu Reni telah berhasil mengalahkan dirinya sendiri. Dirinya sendiri pun tidak akan percaya ia yang awalnya hanya memiliki 4 orang kurir ketika NCS berdiri pada tahun 1994, kini telah berhasil memiliki 3.000 orang karyawan yang tersebar di seluruh Indonesia. Dan, ketidakpercayaan terhadap dirinya sendiri itu berhasil ia kalahkan, membuktikan bahwa dirinya mampu.

  1. Tidak Gengsi Selagi Muda

Ibu Reni menceritakan pengalamannya bahwa ketika masih kuliah ia sudah mencari penghasilan sendiri dengan berjualan pager dan aktif menulis berbagai riset. Menurutnya, selagi muda jangan sungkan untuk belajar berbagai hal. Karena setelah usia tidak lagi muda, kesempatan itu akan semakin sulit didapat. Banyak belajar dan memiliki segudang pengalaman di waktu muda akan memudahkan langkah seseorang di masa yang akan datang.

  1. Cermat dalam Mengambil Peluang

Belum banyak jasa kurir di awal tahun 90-an. Namun kebutuhan berbagai perusahaan untuk mengirimkan paket dan dokumennya cukup besar. Saat itulah Ibu Reni melihat bisnis kurir sebagai bisnis yang amat menjanjikan ke depannya. Dengan keyakinan kuat dan tekad yang sudah bulat, akhirnya ia memilih bisnis kurir sebagai pilihan bisnis utamanya sampai saat ini.

  1. Karyawan Bukan Bawahan, Tapi Guru

Suatu ketika Ibu Reni Siregar pernah ditanya oleh seseorang. Apakah ia memiliki seorang mentor? Bila iya, siapa? Ia menjawab: mentor saya adalah siapa saja yang bisa mengajarkan banyak hal kepada saya. Bisa keluarga, teman, sampai karyawan sekalipun. Bahkan sampai detik ini pun saya masih banyak belajar kepada mereka.

  1. Kedepankan Inovasi Agar Tidak Tertinggal

Suatu perusahaan tidak boleh merasa puas meskipun ia sudah berada di posisi yang menguntungkan. Ia harus sudah memiliki strategi dan memikirkan bagaimana atmosfir bisnis untuk jangka waktu 5 sampai 10 tahun ke depan. Itulah yang telah dilakukan NCS selama ini, yang tak hentinya terus melahirkan inovasi. Yang terbaru adalah diciptakannya Corporate Tracking, hingga mendapat penghargaan dari Rekor Bisnis Indonesia (ReBi) sebagai “Perusahaan Kurir Dokumen Pertama di Indonesia dengan Sistem Corporate Tracking bagi Pelanggan Corporate”.

  1. Utamakan Pelayanan, Maka Customer Akan Menyukai

Dan yang terpenting dari bertahannya sebuah bisnis adalah memiliki customer. Cara agar customer dapat bertahan bahkan terus bertambah yaitu dengan selalu memberikan layanan terbaik. Itulah yang dilakukan oleh Ibu Reni, customer terbesarnya dari perusahaan perbankan hingga asuransi dapat bertahan sampai lebih dari 20 tahun.

Demikianlah sekelumit semangat dari Ibu Reni Siregar dan NCS-nya yang bisa kita petik pelajaran. Bahwa untuk mencapai sesuatu yang diinginkan, perlu waktu yang tidak sebentar dan perjuangan yang tidak kenal lelah. Semoga sukses, semoga ada yang bisa kita teladani dari Ibu Reni Siregar!